Contoh proposal ide usaha ekonomi kreatif



DAFTAR ISI


DAFTAR ISI



PENDAHULUAN


  1. LATAR BELAKANG
 Mengangkat tema “Ide Usaha Ekonomi Kreatif”, kami bermaksud mengajak mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba “Usaha Muda Kreatif”. Acara ini ditunjukan untuk mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta dengan alasan mahasiswa merupakan kaum yang memiliki jiwa kreatif, terlebih di Universitas Teknologi Yogyakarta sendiri lomba seperti ini belum pernah terlaksana.
Melihat peluang tersebut, kami berupaya untuk menggali potensi mahasiwa Universitas Teknologi Yogyakarta khususnya dibidang Ekonomi Kreatif melalui lomba yang kami selenggarakan. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak mahasiswa yang memiliki usaha, baik itu usaha kecil, sedang, maupun menengah. Kegiatan ini dimaksudkan agar ide-ide atau inovasi dalam usaha yang didirikan dapat  berkembang dan berprogres, serta bisa melihat peran mahasiswa pada era perubahan.
Kegiatan atau acara yang akan kami selenggarakan merupakan salah satu sub acara dari event Marcom-Day yang diadakan pada tanggal 2, 3, dan 4 Mei 2019 oleh program studi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta. Marcom Day baru pertama kali diselenggarakan, dan kedepannya akan diselenggarakan satu tahun sekali oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta. Berdasarkan pemaparan diatas kami selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi  Universitas Teknologi Yogyakarta angakatan 2016 hendak menyelenggarakan kegiatan perlombaan bertajuk “Usaha Muda Kreatif”.


  1. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan kegiatan Perlombaan ini adalah sebagai berikut:
  1. Mengidentifikasi sektor usaha apa yang paling diminati oleh mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta
  2. Mengetahui Strategi  pelaku usaha khususnya dikalangan mahasiswa Universitas Teknologi Yogykarta.
  3. Melihat kreatifitas mahasiwa Universitas Teknologi Yogyakarta dalam usaha di era Ekonomi Kreatif

PEMBAHASAN


  1. NAMA DAN TEMA KEGIATAN 
Kegiatan ini bernama Lomba “Usaha Muda Kreatif” dengan tema “Ide Usaha Ekonomi Kreatif”.


  1. BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan yang diadakan ini adalah perlombaan proposal ide usaha, perlombaan  ini bertajuk “Usaha Muda Kreatif”. Kegiatan ini diadakan untuk menggalli jiwa kreatif Mahasiswa dibidang Ekonomi Kreatif, sebab mahasiswa memiliki ide serta pengetahuan yang menjadi sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama  dalam konsep perlombaan “Usaha Muda Kreatif”. Setelah mengumpulkan proposal, kemudian dipresentasikan yang nantinya akan dinilai oleh para juri yang menguasai bidang ekonomi kreatif.


  1. SASARAN DAN TARGET KEGIATAN
  1. Sasaran Kegiatan
        Mahasiswa di Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).
  1. Target Kegiatan
  1. Diikuti minimal oleh 20 kelompok yang masing-masing terdiri dari 2 peserta mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).
  2. Meningkatkan semangat antusiasme dan kreativitas Mahasiswa Universita Teknologi Yogyakarta dibidang Ekonomi Kreatif yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakan ekonomi. 


  1. WAKTU DAN LOKASI ACARA
Hari dan tanggal : Jumat, 3 Mei 2019
Waktu
Tempat : Ruang Sidang Lantai 3, Kampus 1 Universitas Teknologi   Yogyakarta, Jalan Ringroad Utara, Jombor, Sendangadi, Mlati,   Mlati Krajan, Sendangadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah   Istimewa Yogyakarta 55285. 


  1. PENYELENGGARA
Kegiatan perlombaan Ide Usaha Ekonomi Kreatif diselenggarakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2016 guna mengisi rangkaian acara Marcom Day 2019. Kemudian penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Event Organizer. 


  1. SUSUNAN ACARA
No
Acara
Waktu
1
Registrasi Ulang
08.00-08.30
2
Pembukaan
08.40-08.50
3
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
09.10-Selesai
4
Sambutan Ketua Panitia
09.20-09.30 

Sambutan Prodi
09.40-09.50
5
Pembacaan teknis perlombaan
10.00-10.10
6
Lomba sesi 1: Presentasi 7 Menit.
Lomba sesi 2 : Presentasi 3 Menit.
10.15-11.15
7
Break
11.20-11.30
8
Penutupan
12.00-12.05



  1. RENCANA ANGGARAN

  1. Pemasukan
Dari uang pendaftaran peserta maksimal peserta 20 team
Rp. 30.000 x 20 peserta = Rp. 600.000,00
  1. Kekurangan Dana
Total Kebutuhan – Total Pemasukan 
Rp3.657.000,00 - Rp. 600.000,00 = Rp.3.057.000,00


  1. SPONSORSHIP
  1. JENIS SPONSORSHIP
  1. PLATINUM 
Bentuk kerjasama finansial antara pihak sponsor dengan panitia. Dimana pihak sponsor akan menanggung 100% dari anggaran dana dan pihak sponsor akan mendapatkan kontrapretasisebagai berikut:
  • Menjadi sponsor tunggal kegiatan
  • Logo eksklusif pada semua media
  • Ukuran logo 75% dari tempat logo yang tersedia di semua media
  • Dapat menyertakan media promosi, brosur atau sample produk pada saat kegiatan
  • Ucapan penghargaan pada sponsor saat sambutan pembukaan dan penutupan oleh ketua panitia
  • Mendapatkan hasil dokumentasi acara


  1. GOLD 
Bentuk kerjasama finansial antara pihak sponsor dengan panitia yang hanya tersedia untuk2 sponsor. Dimana tiap pihak sponsor akan menanggung 50% dari anggaran dana dan pihaksponsor akan mendapatkan kontrapretasi sebagai berikut :
  • Logo eksklusif pada semua media
  • Ukuran logo 35% dari tempat logo yang tersedia di semua media
    • Dapat menyertakan media promosi, brosur atau sample produk pada saat kegiatanUcapan penghargaan pada sponsor saat sambutan pembukaan dan penutupan oleh ketua panitia
  • Mendapatkan hasil dokumentasi acara


  1. SILVER
Kesempatan sebagai sponsor pendamping diberikan kepada sponsor yang menanggung 25%anggaran dana, dan hanya untuk 4 sponsor. Pihak sponsor akan mendapatkan kontrapretasi sebagaiberikut :
  • Logo eksklusif pada semua media
  • Ukuran logo 15% dari tempat logo yang tersedia di semua media
  • Ucapan penghargaan pada sponsor saat sambutan pembukaan dan penutupan oleh ketua panitia.


  1. DONATUR
Merupakan perusahaan atau perorangan yang memberikan bantuan dana bersifat sukarela diluarketentuan anggaran dana.
  1. Ketentuan dan Kesepakatan
  1. Batas kesediaan menjadi sponsor maksimal 1 minggu setelah proposal ini diterima.
  2. Partisipan sponsorship maupun donatur wajibmenandatangani lembar MoU.
  3. Uang muka diserahkan bersama dengan penandatanganankontrak kerjasama, minimal 25% dari jenis sponsorship yangtelah disepakati.
  4. Pelunasan pembayaran paling lambat 1 minggu setelah penandatanganan kontrak kerjasama.


  1. Contact Person 
1). Novaldi Hawali : 0812 1826 8087 (WhatsApp)
2). Choerunnisa Utami : 0899 4101 774


PENUTUP



  1. PENUTUP
Demikian isi dari proposal acara lomba ide ekonomi kreatif dengan tajuk  “Usaha Muda Kreatif”. Acara ini adalah acara yang kami harapkan dapat menggali potensi mahasiswa UTY dalam bidang ekonomi. Karena pentingnya tujuan acara ini,besar harapan kami agar acara dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Demikianlah proposal ini kami ajukan, semoga mendapatkan sambutan yang positif.  Dan dapat menjadi bahan pertimbangan serta dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pihak- pihak yang bersangkutan. Untuk itu atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih. 

LAMPIRAN
  1. PENYELENGGARA
  1. Pelindung : Andri Prasetyo Y., S.Sos., M.Ikom 
  2. Penasehat : Debby Dwi Elsha., S.Ikom., M.Ikom
  3. Penanggung Jawab : Debby Dwi Elsha., S.Ikom., M.Ikom
  4. Ketua Pelaksana : Novaldi Hawali
  5. Sekretaris : Choerunnisa Utami
  6. Bendahara : Fetrik Yona Ameliawati
  7. Sie Acara : Permata Wuchi
  Putri Pravita Sari
  1. Sie Publikasi dan Dokumentasi : Septian Dwi Santoso
  2. Sie Perlengkapan : Jatra Gentar Jaya
  3. Sie Konsumsi : Ratna Dyah Kusuma

















  1. SPONSORSHIP

NO
KONTRAPRESTASI
PLATINUM
GOLD
SILVER
1
Penyandingan Nama Perusahaan
dengan Nama Kegiatan
YA
TIDAK
TIDAK
2
Logo pada Banner
XL
L
M
3
Logo pada Publikasi Sosial Media
XL
L
M
4
Logo pada Poster
XL
L
M
5
Commercial Break oleh MC
Ya (Opening-
Daily-Closing)
Ya (Opening-
Daily-Closing)
Ya (Opening-
Daily-Closing)
7
Hak Pemberian Brosur
YA
YA
YA
9
Tidak Ada Produk Sejenis
YA
YA
TIDAK
10
Promosi Produk Sponsor saat
Jeda Acara
YA (3X)
YA(1X)
TIDAK 
Biaya Sponsorship





0 Response to "Contoh proposal ide usaha ekonomi kreatif"

Posting Komentar